Webinar
Strategi Komunikasi untuk Public Relation Perusahaan
Oleh: Kelas.com .
Pelatihan di Kelas.com .
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda WebinarOkupasi Pelatihan: Public Relations Professionals
Rujukan Okupasi: IOVO 2020
Gambaran Pelatihan
Pelatihan ini memberikan pengetahuan terhadap Informasi seputar public relation, meliputi konsep/prinsip kehumasan, kode etik profesi, hingga riset dalam manajemen kehumasan. Selain itu, peserta akan mempelajari klasifikasi instrumen riset formatif, fundamental riset formatif, efektivitas humas, stakeholder management process, konsep RACE, serta teknik digital storytelling.
Kompetensi yang Dilatih
Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal kompetensi dengan berfokus pada pengembangan dalam merancang dan melaksanakan riset formatif, memetakan pemangku kepentingan (stakeholders) menyusun rencana program komunikasi kehumasan, serta melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR).
Tujuan Pembelajaran
Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang humas di suatu perusahaan melalui simulasi riset formatif, pengelolaan stakeholder, penerapan konsep RACE dan teknik digital storytelling dalam strategi komunikasi.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang humas di suatu perusahaan melalui simulasi riset formatif, pengelolaan stakeholder, penerapan konsep RACE dan teknik digital storytelling dalam strategi komunikasi dengan minimal 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Merumuskan riset dengan implementasi prinsip-prinsip kehumasan, serta kode etik profesi Perhumas dan code of conduct dari International Public Relations Association.
Mempraktikkan Strategic Public Relations dengan 9 tahapan formative research dari Ronald D. Smith. meliputi analisis situasi, organisasi, publik, goals & objective, action & response, message strategy, serta taktik komunikasi.
Menunjukkan efektivitas humas dalam stakeholder management process di sebuah organisasi atau perusahaan untuk mencapai kesuksesan.
Membuat rencana program komunikasi kehumasan melalui 4 tahap dalam proses humas, yaitu Research, Action Planning, Communication, Evaluation (RACE).
Mempraktikkan peran sebagai Humas di perusahaan atau sebagai corporate public relations menggunakan teknik digital storytelling.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Konsep/prinsip kehumasan, kode etik profesi, riset dalam manajemen kehumasan.
Klasifikasi instrumen riset formatif, fundamental riset formatif.
Efektivitas humas, panduan stakeholder management process.
Proses kerja humas, Research, Action Planning, Communication, Evaluation. (RACE).
Digital storytelling, corporate public relation.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Merumuskan riset formatif
Mengerjakan riset formatif
Memposisikan pemangku kepentingan (Stakeholders)
Membuat rencana program komunikasi kehumasan
Mempraktikkan Corporate Social Responsibility (CSR)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Teliti dalam perumusan riset formatif.
Adaptif dalam pelaksanaan riset formatif.
Interaktif dalam pengelolaan pemangku kepentingan (Stakeholders)
Kolaboratif dalam program komunikasi kehumasan.
Komunikatif dalam praktik Corporate Social Responsibility (CSR).
Syarat dan Ketentuan Lainnya
- Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas.
- Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat.
- Peserta yang ingin mengemban profesi sebagai humas / yang sudah mengemban profesi sebagai humas dan ingin mengupgrade skill dan kemampuannya.
- Peserta yang tertarik pada bidang humas serta memiliki dasar pengetahuan pada penyusunan strategi Komunikasi.
- Memiliki gawai / perangkat elektronik yang sudah terinstall Zoom, Microsoft Word/Google Docs untuk mengikuti webinar, mengerjakan Tugas/Praktik Mandiri, dan Unjuk Keterampilan.
Durasi per Sesi
1. Rekognisi dan Langkah Awal Kehumasan 180 menit
2. Implementasi Strategic Public Relations 180 menit
3. Efektivitas Humas dalam Perusahaan 180 menit
4. Proses Kerja Humas / Public Relations 180 menit
5. Praktek Sebagai Humas Perusahaan dengan Digital Storytelling 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan, peserta diminta untuk mensimulasikan proses riset formatif, menggambarkan langkah-langkah yang akan diambil dalam mengelola stakeholders, menerapkan konsep RACE dalam merancang dan melaksanakan strategi komunikasi untuk menangani komplain dari pelanggan, serta membuat pesan menggunakan teknik digital storytelling untuk merespon dan mengatasi komplain pelanggan secara efektif.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Dr. Ayu Helena Cornellia, B.A, M,SiLangkah Redeem Voucher
1. Buka link http://www.kelas.com/2. Lakukan login atau daftar akun (apabila kamu belum memiliki akun kelas.com)
3. Masuk ke katalog prakerja
4. Pilih kelas yang ingin kamu redeem
5. Pilih tombol redeem kelas
6. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja
7. Masukan Kode Voucher yang dikirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms8. Masukan Kode Redeem yang didapatkan dari dashboard Prakerja.
9. Klik tombol "Tukarkan" (pastikan kamu redeem sesuai jam redeem yang sudah ditentukan Prakerja)
*Note : untuk 1 kode voucher hanya dapat ditukarkan 1x
Kontak Lembaga Pelatihan
Whatsapp : 085881486280Email : support@kelas.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.250.000