Webinar
Strategi Konten Promosi bagi Copywriter
Oleh: Myskill .
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Kamu bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa kamu akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang berdasarkan kebutuhan Industri di bidang digital marketing khususnya kepenulisan dalam konten promosi (copywriting) bersama digital marketing expert untuk dipelajari para talent ready yang memiliki passion menjadi copywriter.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta (A) diharapkan mampu menulis wara dengan mengimplementasikan kaidah dan teori dengan benar (B) dan sesuai dengan arahan pelatih (D), sehingga dapat menjadi tenaga copywriter yang dibutuhkan oleh berbagai industri untuk pertumbuhan bisnis (C)
Tujuan Khusus Pelatihan
- Peserta diharapkan mampu mengenal sejarah, media, jenis dan etika copywriting dengan baik setelah diberikan materi oleh pelatih sehingga dapat menerapkannya dalam tulisan copywriting
- Peserta diharapkan mampu mengenal skill dan pola pikir seorang copywriter yang dibutuhkan oleh berbagai industri setelah diberikan materi oleh pelatih sehingga dapat memulai karir sebagai copywriter.
- Peserta diharapkan mampu menerapkan skill dasar dalam penulisan copywriting, khususnya untuk mengerti audience yang dituju dengan benar sesuai dengan materi dan arahan pelatih sehingga dapat menulis copywriting dengan baik
- Peserta diharapkan mampu menerapkan skill dasar dalam penulisan copywriting, khususnya untuk mengerti bagaimana analisa kompetitor dengan benar sesuai dengan materi dan arahan pelatih sehingga dapat menyesuaikan trend dan bersaing dengan kompetitor
- Peserta diharapkan mampu menerapkan skill dasar dalam penulisan copywriting, khususnya untuk mengerti bagaimana analisa kompetitor dengan benar sesuai dengan materi dan arahan pelatih sehingga dapat menyesuaikan trend dan bersaing dengan kompetitor
- Peserta diharapkan mampu menerapkan struktur dasar menulis copywriting sesuai dengan arahan pelatih sehingga dapat menulis copywriting dengan baik
- Peserta diharapkan mampu menerapkan SEO dalam setiap tulisannya dengan benar sesuai dengan arahan pelatih sehingga tulisan yang dibuat dapat mencapai peringkat pertama pencarian google
- Peserta diharapkan mampu menerapkan teori psikologi dalam tulisan copywriting dengan benar sesuai dengan materi dan arahan pelatih sehingga dapat menarik minat pembeli melalui copy yang dibua
- Peserta diharapkan mampu menerapkan teknik copy editing dengan benar sesuai dengan materi dan arahan pelatih sehingga mendapatkan hasil maksimal saat copy dipublikasikan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan produk yang disediakan oleh organisasi, baik barang maupun jasa
Penggunaan media sosial
Penggunaan aplikasi daring (online tools)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menggunakan bahasa dengan baik dan benar sehingga mudah dipahami
Menggunakan teknologi komunikasi dasar, seperti media sosial, surat elektronik (e-mail) dan telepon
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Membuat design
Menguasai teknologi informasi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Cekatan dalam melakukan adaptasi dengan gaya komunikasi tiap pembeli
Komunikatif saat berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders)
Kooperatif dengan tim di fungsi kerja yang sama
Terampil dalam menangkap dan memanfaatkan tren dan pola yang
berkembang di media sosial dan media bisnis digital
Kecermatan dalam menyesuaikan informasi produk dengan tujuan pemasaran dalam pengembangan konten
Ketepatan dalam merencanakan pengembangan konten agar sejalan dengan citra dan aktivitas pemasaran
Kelompok Sasaran
Minimal Usia 18 - 35 Tahun
Syarat dan ketentuan lainnya
Memiliki perangkat laptop atau komputer yang dapat mengakses Zoom
Memiliki perangkat laptop atau komputer yang dapat mengakses Microsoft Word ataupun Google Suites
Durasi Per Sesi
Hari ke 1 :
10.00-10.20. Sesi Pembuka : 20 menit
10.20-12.20. Pengenalan Jenis dan Etika Copywriting : 180 menit
Hari ke 2 : 10.00-12.00. Pengenalan Profesi dan Peran Copywriting : 180 menit
Hari ke 3 : 10.00-12.00. Kepenulisan Copywriting Meninjau Target Audience : 180 menit
Hari ke 4 : 10.00-12.00. Menganalisa Kompetitor untuk Membuat Copy yang Sesuai : 180 menit
Hari ke 5 : 10.00-12.00. Memulai Menulis Copywriting : 180 menit
Hari ke 6 : 10.00-12.00. SEO dalam Copywriting : 180 menit
Hari ke 7 : 10.00-12.00. Psikologi dalam Copywriting : 180 menit
Hari ke 8 :
10.00-12.00. Menerapkan Strategi Copyediting : 180 menit
12.00-12.20. Sesi Penutup : 20 menit
Total Durasi
1140 Menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta akan diberikan task secara berkelompok berisikan 2-3 orang. Langkah yang harus dilakukan oleh setiap kelompok adalah sebagai berikut:
- Setiap kelompok memilih satu brand secara bebas untuk dijadikan objek yang akan dibuatkan konten copywriting. Brand yang dipilih bebas sesuai dengan kesepakatan kelompok masing-masing
- Setiap kelompok kemudian harus membuat audience insight dari brand tersebut
- Setiap kelompok kemudian membuat copywriting di berbagai media yang cocok dengan analysis dari audience insight yang telah dibuat
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
Kelas A
Pembukaan dan Sesi 1 : 18-03-2023
Sesi 2 : 19-03-2023
Sesi 3 : 25-03-2023
Sesi 4 : 26-03-2023
Sesi 5 : 01-04-2023
Sesi 6 : 02-04-2023
Sesi 7 : 15-04-2023
Sesi 8 : 16-04-2023
Kelas B
Pembukaan dan Sesi 1 : 06-05-2023
Sesi 2 : 07-05-2023
Sesi 3 : 13-05-2023
Sesi 4 : 14-05-2023
Sesi 5 : 20-05-2023
Sesi 6 : 21-05-2023
Sesi 7 : 27-05-2023
Sesi 8 : 28-05-2023
Profil Pengajar
Veronica Gabriella
Veronica Gabriella telah memiliki minat pada bidang selama copywriting, content writing, copy dan content editing selama lebih dari 5 tahun. Ia telah berpengalaman dalam membuat konten pada banyak channel marketing. Ia juga telah menerbitkan beberapa buku dan novel.
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp750.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian