Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Strategi Mengelola Manajemen Bisnis Ritel

Pembelajaran Mandiri

Strategi Mengelola Manajemen Bisnis Ritel

Oleh: LPK Cerdas

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
11 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Judul Pelatihan Strategi Mengelola Manajemen Bisnis Retail
Pelatihan ini menggunakan moda Daring
Okupasi Pelatihan 1227 Regional Manager in Retail
Rujukan Okupasi Critical Occupations List 2018

Gambaran Pelatihan

Program ini memberi pengetahuan dasar terkait profesi seorang Manajer Bisnis Retail. Program ini memberi gambaran untuk profesi seperti Asisten Manajer Retail, Manajer Penjualan, Manajer Pelayanan Pelanggan hingga Manajer Penjualan E-commerce.
Kompetensi yang Dilatih
Pada pelatihan ini, peserta diberi bekal terkait konsep dasar, tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Manajer Bisnis Retail. Hal ini dilakukan agar peserta mampu melakukan pekerjaan sebagai seorang Manajer Bisnis Retail. Peserta juga akan memperoleh pengetahuan terkait Tantangan dan peluang dalam industri retail, Segmentasi dan pemahaman kebutuhan pelanggan, Teknik pengelolaan stok untuk menghindari overstock dan understock, hingga Teknik komunikasi yang efektif dan penanganan keluhan.

Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Pengenalan Manajemen Bisnis Retail
Sesi 2: Analisis Pasar dan Pelanggan
Sesi 3: Pengelolaan Persediaan dan Stok
Sesi 4: Transformasi Pemasaran dan Teknologi di Bisnis Ritel
Sesi 5: Layanan Pelanggan Unggul


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A) mampu menyusun strategi dalam mengelola manajemen bisnis retail (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan.(C)


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:

Mengidentifikasi manajemen bisnis ritel dan manajer ritel

Menganalisis pasar dan pelanggan dalam bisnis ritel

Mengelola persediaan dan stok dalam bisnis ritel

Mengkombinasikan strategi pemasaran dan promosi untuk bisnis ritel

Menciptakan layanan pelanggan yang unggul dalam bisnis ritel


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Perbedaan Jenis-jenis manajemen bisnis retail

Penerapan Teknik analisis pasar retail dan identifikasi tren konsumen

Penerapan Teknik pengelolaan stok untuk menghindari overstock dan understock

Penggunaan E-commerce dan penerapannya dalam retail

Penerapan Teknik komunikasi yang efektif dan penanganan keluhan pelanggan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Mengikuti Peran dan tanggung jawab manajer retail

Melakukan penyesuaian terhadap Tantangan dan peluang dalam industri retail

Mengikuti Teknik analisis pasar retail dan identifikasi tren konsumen

Membuat Segmentasi dan pemahaman kebutuhan pelanggan

Mengikuti Teknik pengelolaan stok untuk menghindari overstock dan understock


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Lugas dalam Menjelaskan Konsep dasar manajemen bisnis retail

Konsisten dalam Mematuhi aturan Peran dan tanggung jawab manajer retail

Teliti dalam Menjelaskan Segmentasi dan pemahaman kebutuhan pelanggan

Detail dalam Menjelaskan Pemahaman perilaku pembelian pelanggan

Cakap dalam Menjelaskan Prinsip-prinsip pengelolaan persediaan industri retail


Kelompok Sasaran

Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun 
Min pendidikan SMA/SMK/Sederajat


Syarat dan pendidikan lainnya

1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat
2. Peserta tertarik dengan pemasaran komoditas ekspor
3. Peserta memiliki latar belakang sebagai sales/sales representative
4. Peserta memiliki laptop/smartphone dengan koneksi internet yang memadai
5. Peserta memiliki akun Zoom/Google Meet untuk mengikuti pelatihan"


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

150 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta untuk menganalisis penyebab utama penurunan penjualan dan efisiensi operasional. Peserta mengidentifikasi faktor-faktor utama yang disebutkan di atas serta sebaran data dan analisis yang mendukungnya dan membuat rencana strategis yang jelas untuk mengatasi masalah yang dihadapi Mega Mart, dengan solusi konkret untuk mengatasi persaingan, meningkatkan diversifikasi produk, dan memperbaiki manajemen stok.


Profil Pengajar

1. Junny Ariston merupakan seorang Manajemen Bisnis yang berpengalaman lebih dari 2 tahun. Saat ini Junny Ariston bekerja sebagai Personal Assistant di Sambas Jundi M sejak tahun 2023.

2. A. Zulchaidir Ashary merupakan seorang Manajemen Bisnis yang berpengalaman lebih dari 1 tahun. Saat ini A. Zulchaidir Ashary bekerja sebagai Account Support Coordinator di Grab sejak tahun 2024.

3. Sandy Wahyudi Tanudjaja, Sandy Wahyudi Tanudjaja merupakan seorang Chief Executife Officer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Sandy Wahyudi bekerja sebagai Founder Komunitas Bisnis Connectpedia sejak tahun 2017.


Kontak Lembaga Pelatihan

PIC : Chaterine

Contact Support : +62 816 1777 8602 

Email : customerservice@lpkcerdas.com 



Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.400.000