Pembelajaran Mandiri
Strategi Mengelola Manajemen Bisnis Ritel
Oleh: LPK Cerdas
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Judul Pelatihan Strategi Mengelola Manajemen Bisnis RetailPelatihan ini menggunakan moda Daring
Okupasi Pelatihan 1227 Regional Manager in Retail
Rujukan Okupasi Critical Occupations List 2018
Gambaran Pelatihan
Program ini memberi pengetahuan dasar terkait profesi seorang Manajer Bisnis Retail. Program ini memberi gambaran untuk profesi seperti Asisten Manajer Retail, Manajer Penjualan, Manajer Pelayanan Pelanggan hingga Manajer Penjualan E-commerce.
Kompetensi yang Dilatih
Pada pelatihan ini, peserta diberi bekal terkait konsep dasar, tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Manajer Bisnis Retail. Hal ini dilakukan agar peserta mampu melakukan pekerjaan sebagai seorang Manajer Bisnis Retail. Peserta juga akan memperoleh pengetahuan terkait Tantangan dan peluang dalam industri retail, Segmentasi dan pemahaman kebutuhan pelanggan, Teknik pengelolaan stok untuk menghindari overstock dan understock, hingga Teknik komunikasi yang efektif dan penanganan keluhan.
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Pengenalan Manajemen Bisnis Retail
Sesi 2: Analisis Pasar dan Pelanggan
Sesi 3: Pengelolaan Persediaan dan Stok
Sesi 4: Transformasi Pemasaran dan Teknologi di Bisnis Ritel
Sesi 5: Layanan Pelanggan Unggul
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menyusun strategi dalam mengelola manajemen bisnis retail (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan.(C)
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Mengidentifikasi manajemen bisnis ritel dan manajer ritel
Menganalisis pasar dan pelanggan dalam bisnis ritel
Mengelola persediaan dan stok dalam bisnis ritel
Mengkombinasikan strategi pemasaran dan promosi untuk bisnis ritel
Menciptakan layanan pelanggan yang unggul dalam bisnis ritel
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Perbedaan Jenis-jenis manajemen bisnis retail
Penerapan Teknik analisis pasar retail dan identifikasi tren konsumen
Penerapan Teknik pengelolaan stok untuk menghindari overstock dan understock
Penggunaan E-commerce dan penerapannya dalam retail
Penerapan Teknik komunikasi yang efektif dan penanganan keluhan pelanggan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Mengikuti Peran dan tanggung jawab manajer retail
Melakukan penyesuaian terhadap Tantangan dan peluang dalam industri retail
Mengikuti Teknik analisis pasar retail dan identifikasi tren konsumen
Membuat Segmentasi dan pemahaman kebutuhan pelanggan
Mengikuti Teknik pengelolaan stok untuk menghindari overstock dan understock
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Lugas dalam Menjelaskan Konsep dasar manajemen bisnis retail
Konsisten dalam Mematuhi aturan Peran dan tanggung jawab manajer retail
Teliti dalam Menjelaskan Segmentasi dan pemahaman kebutuhan pelanggan
Detail dalam Menjelaskan Pemahaman perilaku pembelian pelanggan
Cakap dalam Menjelaskan Prinsip-prinsip pengelolaan persediaan industri retail
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SMA/SMK/Sederajat
Syarat dan pendidikan lainnya
1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat2. Peserta tertarik dengan pemasaran komoditas ekspor
3. Peserta memiliki latar belakang sebagai sales/sales representative
4. Peserta memiliki laptop/smartphone dengan koneksi internet yang memadai
5. Peserta memiliki akun Zoom/Google Meet untuk mengikuti pelatihan"
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk menganalisis penyebab utama penurunan penjualan dan efisiensi operasional. Peserta mengidentifikasi faktor-faktor utama yang disebutkan di atas serta sebaran data dan analisis yang mendukungnya dan membuat rencana strategis yang jelas untuk mengatasi masalah yang dihadapi Mega Mart, dengan solusi konkret untuk mengatasi persaingan, meningkatkan diversifikasi produk, dan memperbaiki manajemen stok.Profil Pengajar
2. A. Zulchaidir Ashary merupakan seorang Manajemen Bisnis yang berpengalaman lebih dari 1 tahun. Saat ini A. Zulchaidir Ashary bekerja sebagai Account Support Coordinator di Grab sejak tahun 2024.
3. Sandy Wahyudi Tanudjaja, Sandy Wahyudi Tanudjaja merupakan seorang Chief Executife Officer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Sandy Wahyudi bekerja sebagai Founder Komunitas Bisnis Connectpedia sejak tahun 2017.
Kontak Lembaga Pelatihan
PIC : Chaterine
Contact Support : +62 816 1777 8602
Email : customerservice@lpkcerdas.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.400.000