Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Strategi Pemasaran dan Pengemasan Produk Sayur Organik

Webinar

Strategi Pemasaran dan Pengemasan Produk Sayur Organik

Oleh: LPK Cerdas

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
12 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pada pelatihan ini, peserta akan mempelajari strategi pemasaran dan pengemasan produk sayur organik. Pelatihan ini merujuk pada IndoTaSK 2020 tentang profesional periklanan dan Pemasaran serta SKKNI Pemasaran Nomor 124 Tahun 2022 dan SKKNI Tanaman Sayuran Nomor 196 Tahun 2005. Tujuan dari pelatihan ini adalah peserta pelatihan mampu mengemas produk dan mengevaluasi strategi pemasaran produk sayur organik dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring (webinar) dengan durasi total 900 menit. Peserta akan belajar mengenai Pemasaran Produk Sayur Organik, cara merancang Strategi Pemasaran Sayuran Organik serta Mengevaluasi Strategi Pemasaran Sayuran Organik.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu (A) mengemas produk dan mengevaluasi strategi pemasaran produk sayur organik (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat praktik mandiri (C).

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Menganalisis produk sayuran organik berdasarkan kriteria
2. Menganalisis pasar dalam merencanakan strategi pemasaran sayuran organik 
3. Mengimplementasikan prinsip-prinsip pertanian organik 
4.Merancang kemasan dan label pada produk sayuran organik 
5. Mengimplementasikan indikator keberhasilan strategi pemasaran sayuran organik

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- Kriteria Sayuran Organik
- Pengertian pemasaran sayur organik
- Potensi pemasaran sayur organik
- Tantangan pemasaran sayur organik
- Analisis pasar
- Penetapan segmentasi, target, dan positioning

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Merespon tantangan potensi pemasaran sayuran organik (P3)
- Membuat sketsa analisis potensi dan tantangan pemasaran sayuran organik (P3)
- Menyusun strategi bauran pemasaran (P7)

- Merancang strategi pemasaran sayuran organik (P7)
- Menyusun skema kegiatan panen dan paskapanen sayuran organik (P7)
- Merancang produksi sayuran organik yang berkualitas (P7)

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
- Percaya diri dalam menjelaskan pengertian pemasaran sayuran organik (A3)
- Cermat dalam menjelaskan potensi pemasaran sayuran organik (A3)
- Teliti dalam menjelaskan penetapan segmentasi, target, dan positioning dalam merencanakan pemasaran sayuran organik (A3) 
- Terampil dalam mendemonstrasikan branding produk sayuran organik (A3)
- Mandiri dalam menjelaskan metode budidaya sayuran organik (A3)
- Cekatan dalam mendemonstrasikan pengendalian hama dan penyakit secara organik (A3)

Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SD/SMP
2. Peserta memiliki ketertarikan di bidang pemasaran, terutama dalam lingkup produk sayur organik
3. Peserta memiliki smartphone/laptop/komputer dengan koneksi internet yang memadai
4. Peserta memiliki akun zoom/google meet untuk mengikuti pelatihan"

Durasi Per Sesi
Sesi 1: Pemasaran Produk Sayur Organik: Pengertian, Potensi, dan Tantangan 180 menit
Sesi 2: Merancang Strategi Pemasaran Sayuran Organik 180 menit
Sesi 3: Memproduksi Sayuran Organik yang Berkualitas 180 menit
Sesi 4: Mengemas Sayuran Organik yang Menarik 180 menit
Sesi 5: Mengevaluasi Strategi Pemasaran Sayuran Organik 180 menit

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
150 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk membuat perencanaan pengemasan produk sayur organik dengan memperhatikan beberapa poin, lalu peserta diminta untuk merekam proses dalam mengemas sayuran organik, setelah pengemasan selesai, peserta harus menyajikan strategi pemasaran yang dapat mereka terapkan dalam video yang sama.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Ahmad Pangeran Aulia merupakan seorang Pengusaha yang berpengalaman lebih dari 6 tahun. Saat ini Ahmad bekerja sebagai Pengusaha di Greengrocer sejak tahun 2018.
Siti Nur Maftuhah merupakan seorang Trainer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Siti Nur Muftahah bekerja sebagai Trainer UMKM di Dinas KUMKM Kabupaten Bandung sejak tahun 2018.
Hadiyan Nur Sofyan merupakan seorang Chief Executive Officer terkait agrobisnis yang berpengalaman lebih dari 7 tahun. Saat ini Hadiyan Nur Sofyan bekerja sebagai Chief Executive Officer di KIOSAGRO GROUP sejak tahun 2016

Kontak Lembaga Pelatihan

PIC : Chaterine

Contact Support : +62 816 1777 8602 

Email : customerservice@lpkcerdas.com 


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000