Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Tata Kelola Administrasi Perkantoran

Kelas Offline

Tata Kelola Administrasi Perkantoran

Oleh: Astha Academy

Pelatihan di -

0

5.0(1)
11 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
  • Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Okupasi Pelatihan : General Office Clerks
Rujukan Okupasi : Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020 World Bank
Gambaran Pelatihan 
Pelatihan ini akan melatih anda seorang administrasi perkantoran dengan tujuan peserta mampu mendemonstrasikan pekerjaan administrasi perkantoran dengan ketepatan 75% pada unjuk keterampilan untuk membuat perencanaan, melaksanakan, mengevaluasi, mengkomunikasikan, membuat laporan serta melakukan pengarsipan.
Kompetensi yang dilatih : 
Menangani penerimaan dan pengiriman dokumen/surat 
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi 
Merencanakan manajemen administrasi organisasi 
Melaksanakan manajemen administrasi organisasi 
Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana
Membuat Notulen Rapat
Membuat Laporan Tertulis
Mengelola arsip
Urutan Pembelajaran : 
Dasar Manajemen Administrasi Perkantoran 
Prinsip Manajemen Administrasi 
Melakukan riview tools dan membuat dokumen singkat menggunakan aplikasi MS Word
Mengelolah data skala kecil menggunakan aplikasi MS Excel
Pencatatan Harian & Laporan Harian  
Cara Mengarsip data sesuai folder penempatan

Tujuan Umum Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta didik mampu mendemonstrasikan untuk membuat perencanaan, melaksanakan, mengevaluasi, mengkomunikasikan, membuat laporan serta melakukan pengarsipan dengan ketepatan 75% pada unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus Pelatihan
Mampu melakukan korespondensi dengan baik terhadap penanganan penerimaan dan pengiriman dokumen baik hardcopy maupun softcopy kemudian mampu mengkomunikasikan kepada orang yang dituju  
Mampu  merencanakan, melaksanakan kegiatan keadministrasian kantor dengan mengolah informasi dalam mengidentifikasi kebutuhan kegiatan serta mampu mengevaluasi pelaksanaan kegiatan agar memiliki acuan managerial kedepannya ; 
Mampu menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Ms. Word) untuk menunjang kinerja tenaga administrasi perkantoran  
Mampu memanfaatkan Pengolah Angka [MS Excel] Bagi Staff Administrasi Perkantoran  
Memahami cara-cara pencatatan keuangan (kas kecil) dan pembuatan laporan harian perkantoran:  
Memahami dan mampu  melakukan tata cara pengarsipan data (filing management) (hard copy dan soft copy)

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Dasar-dasar pengoperasian perangkat komputer dan sistem operasi
Dasar-dasar penanganan
penerimaan dan pengiriman surat (email dan fisik) 
Dasar-dasar Ms.word : pemahaman penggunaan tools belajar menggunakan header footer dan melakukan surat menyurat dengan mailing merge
Dasar-dasar Ms.Excel dan pemahaman penggunaan tools dan fungsi dalam menghitung menggunakan formula / rumus - rumus serta membuat pivot chart
Dasar-dasar perencanaan administrasi perkantoran harian, mingguan dan bulanan
Proses pelaksanaan pekerjaan, tindak lanjut dari proses pekerjaan administrasi perkantoran
Cara mencatat, merangkum, menganalisis dan mengumpulkan data/informasi hingga membuat laporan ditujukan kepada yang berwenang 
Prinsip komunikasi dasar, kepada kolega baik lisan maupun tulisan  (email/pesan khusus) 
Cara penempatan data/dokumen sesuai informasi
Cara menggunakan perangkat peripheral – printer, scanner dan fotocopy

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
kemampuan operasional komputer, manajemen file, instalasi perangkat lunak, pemecahan masalah, keamanan, pengaturan sistem
kemampuan komunikasi tertulis, profesional, pemahaman teknologi, kemampuan menanggapi, pengarsipan, dan penyampaian informasi.
Pemahaman keterampilan dasar penggunaan tools dan fungsi dalam Microsoft Word
kemampuan dalam menggunakan dasar-dasar Microsoft Excel serta memahami penggunaan berbagai tools dan fungsi di dalamnya
Dapat membuat laporan administrasi kantor yang meliputi perencanaan harian, mingguan, dan bulanan
Dapat mengkoordinir organisasi, dan komunikasi dalam menjalankan proses administrasi perkantoran serta tindak lanjut yang diperlukan.
Keterampilan pengelolaan informasi secara efektif untuk pembuatan laporan yang disampaikan kepada pihak berwenang
Keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif dan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, merupakan prinsip dasar dalam berkomunikasi dengan kolega
Memahami sistem penyimpanan dan organisasi data
Mampu menguasai penggunaan perangkat-perangkat peripheral seperti printer, scanner, dan fotocopy


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Inisiatif dan fleksibilitas
Dalam mengoperasikan perangkat komputer baik hardware /software
Ketelitian, tanggap
Dalam menangani surat keluar /masuk, serta informasi komunikasi
Terampil
Dalam Mengoperasikan aplikasi ms word
Adaptif
Pada Mengoperasikan aplikasi ms Excel dalam menggunakan rumus rumus
Konsisten, terorganisir, tanggungjawab.
Pada Perencanaan membuat laporan administrasi
Proaktif,teliti,berorientasi
Dalam berkomunikasi saat koordinasi di lapangan
sistematis, profesional.
Dalam Menganalisa pembuatan laporan / keuangan
produktif
sistematis
teliti, cermat

Kelompok Sasaran
Minimal Usia 18 - 64 Tahun
Pendidikan minimal SMP

Syarat dan ketentuan lainnya
Memiliki Laptop/komputer 
Mengerti MS Office Basic 
Memiliki Minat di bidang Pekerjaan Administrasi 

Durasi Per Sesi
Hari ke 1 :
- Dasar Manajemen Administrasi Perkantoran : (Komunikasi & Korespondensi) : 180 menit
- Prinsip Manajemen Administrasi : Plan – Do - Check /Evaluation – Action : 120 menit
- Melakukan riview tools dan membuat dokumen singkat menggunakan aplikasi MS Word : 120 menit
Hari ke 2 :
- Mengelolah data skala kecil menggunakan aplikasi MS Excel : 210 menit
- Pencatatan Harian & Laporan Harian : 60 menit
- Cara Mengarsip data sesuai folder penempatan agar mudah tertelusur  : 40 menit

Total Durasi
910 Menit

Kapasitas Peserta
30

Metode Pembelajaran
Luring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Pada saat unjuk keterampilan, anda seorang administrasi perkantoran yang menerima perintah kerja oleh pimpinan, anda diminta membuat surat undangan kepada klien, kemudian membuat internal memountu internal perusahaan menggunakan email, dilanjutkan membuat surat keluar dan terahir membuat catatan laporan dan dikirimkan kepada atasan dan divisi yang bersangkutan. Anda mengerjakan dengan waktu 120 menit setelah menerima instruksi. 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Syarat Kelulusan dan Mendapat Sertifikat
Sertifikat akan didapat setelah kamu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan
MInimal kehadiran 100% pada webinar
Melakukan Face Recognition/Verifikasi Wajah pada sesi 1-sesi terakhir dan pada saat akan mengerjakan Post Test

Cara Mengakses dan Mendownload Sertifikat
Klik Icon Profil dipojok kanan
Klik Sertifikat Saya
Klik download sertifikat

Profil Pengajar
Dian Sri Wahyuni adalah pengajar yang kompeten dibidang administrasi perkantoran & public speaking, berbekal pengalaman telah mengajar Administrasi perkantoran di berbagai instansi pemerintah dan sewasta. 

Kontak Lembaga Pelatihan
085780863112

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(1 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Mulai dari

Rp2.500.000