Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Teknik Pelayanan Prima Bagi Resepsionis

Webinar

logo-prakerja

Teknik Pelayanan Prima Bagi Resepsionis

Oleh: LPK Indobank

logo-prakerja

Pelatihan di Pijar Mahir

0

4.9(571)
829 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan : Moda Daring
Okupasi Pelatihan: Pegawai Resepsionis
Rujukan Okupasi: No 4226 Receptionists (general) Pada Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020

Gambaran Pelatihan
Program ini memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan teknik pelayanan prima bagi  Resepsionos yang bekerja melayani pelanggan. Tujuan khususnya pelatihan ini agar peserta dapat melakukan tugas dan peran pelayanan kepada pelanggan dengan melaksanakan SOP, menerapkan soft skill berupa sikap, kemampuan berkomunikasi dan mengevaluasi pelayanan, membuat SOP, memproses keluhan pelanggan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kompetensi yang dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan skill  konsep dan prinsip dasar pelayanan prima.  sikap pelayanan, kemampuan berempati, berkomunikasi untuk mengatasi komplain dengan kalimat asertif dan positif, teknik survay  kebutuhan, minat dan keinginan pelanggan dalam melayani untuk  meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat SOP untuk standarisasi pelayanan.

Urutan Pembelajaran Persesi
1. Konsep Pelayanan Prima

2. Komunikasi dan  Interpersonal Skill untuk Pelayanan Prima
3. Menangani Komplain
4. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
5. Mengevaluasi Pelayanan

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu melakukan tugas dan peran pelayanan kepada pelanggan dengan melaksanakan SOP, menerapkan soft skill berupa sikap, kemampuan berkomunikasi dan mengevaluasi pelayanan dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktek mandiri

Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu:

Bekerja berpedoman pada konsep dan prinsip pelayanan prima 
Berkomunikasi dan membina hubungan baik dengan pelanggan 
Menangani komplain pelanggan dengan baik
Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memahami pelanggan dan menata pelayanan sesuai kebutuhan mereka 
Mengevaluasi pelayanan sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan pelayanan  

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pengetahuan mengenai pelayanan berkualitas
Konsep dan element quality service 
Teknik keterampilan berkomunikasi
Pengetahuan tetang menyelesaikan keluhan pelanggan
Informasi insight pelanggan 
Aturan pengukuran kepuasan pelanggan

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Melaksanakan service mencakup  5 element quality service
Membina hubungan interpesonal dengan pelanggan
Dapat bertelepon dengan standar service excellent
Menyusun kalimat positif ketika berkomunikasi dengan pelanggan
Menghadapi pelanggan yang mengeluh dengan komunikasi yang tepat
Melaksanankan teknik memahami pelanggan dalam melayani pelanggan
Mendengarkan secara aktif
Dapat mengukur kepuasan pelanggan secara sederhana
Menggunakan google form untuk menyusun pertanyaan survey
Dapat menyusun SOP sederhana bagi pelayanan

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Pentingnya mempraktekkan element quality service
Pentingnya sikap dan komunikasi yang baik dalam pelayanan
Mematuhi standar operasional prosedur pelayanan 
Menunjukkan kepedulian terhadap kepuasan pelanggan
Pentingnya komunikasi dan sikap yang tepat dalam menangani keluhan pelanggan

Kelompok Sasaran
1. Pemilik / Pengguna Akun Prakerja
2. Pendidikan minimal SMA / SMK / Sederajat
3. Laki – laki / Perempuan
4. Memiliki koneksi internet
5. Memiliki perangkat komputer atau laptop
6. Memiliki mobile phone dengan aplikasi sosial media
7. Program pelatihan ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin menjadi sekretaris maupun sekretaris / bukan sekretaris yang ingin meningkatkan skill dan pengetahuannya dibidang Teknik Pelayanan Prima / Service Excellent.

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
150 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Demonstrasikan Teknik Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, sebagai berikut:
Anda bekerja di bagian Pelayanan di suatu Rumah makan bernama “RESTO SEGALA PEDAS” yang menyajikan makanan utama yang pedas, dan variasi makanan ringan dan minuman

Pekerjaan yang harus anda lakukan!
1. Membuat SOP Pelayanan terhadap para tamu di Restoran minimal 6 point 30%
2. Membuat Google form pertanyaan survey mengenai pelayanan pada Restoran tsb minimal terdiri dari 6 pertanyaan 30%
3. Membuat form checklist kelengkapan / pelayanan Restoran 20%
4. Membuat kalimat percakapan minimal 4 kalimat percakapan timbal balik antara customer dan tenaga pelayanan, dalam menghadapi “customer yang tahu segalanya” 20%

Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan : 

Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.

Dengan mengumpulkan jawaban melalui GoogleDrive


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Jadwal Pelatihan
2-06-2023 s.d 16-06-2023
19-06-2023 s.d 23-06-2023
03-07-2023 s.d 07-07-2023
10-07-2023 s.d 14-07-2023
17-07-2023 s.d 22-07-2023
24-07-2023 s.d 28-07-2023
31-07-2023 s.d 04-08-2023
07-08-2023 s.d 11-08-2023
14-08-2023 s.d 19-08-2023
21-08-2023 s.d 25-08-2023
28-08-2023 s.d 01-09-2023

Profil Pengajar
- Widwi Handari Adji
Pendidikan  Magister  Manajemen Bisnis UPI  Bandung
Pengalaman bekerja sebagai Administrative Staff  PT. Surya Matra Persada Bandung 2013-2018.
Dosen Tetap  Politeknik PIKSI Ganesha Bandung  2004-sekarang materi MSDM, Service Excellent, Kearsipan, dan Manajemen Perkantoran.
- Rifi  Wijiyanti Dual Arifin
Pendidikan  Magister  Manajemen Sains SBM ITB
Pengalaman kerja Manajer Standarisasi dan Publikasi Research Synergi Foundation 2019-2020.
Dosen Tetap Politeknik PIKSI Ganesha Bandung 2022-sekarang materi pelayanan prima, Bisnis Digital, Teknik Presentasi dan Negosiasi.
- Genik Puji Yuhanda
Pendidikan S2 bidang Magister  Ilmu Komunikasi— Universitas Islam Bandung. Pengalaman kerja Marketing Public Relation 2007- 2013 di ATAP Promotions.
Dosen tetap Politeknik LP3I bandung 2013-Sekarang materi public relations, marketing dan advertsing, personality development.

Kontak Lembaga Pelatihan
08121706337   /  081217357005


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(571 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000