Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Teknik Pelayanan untuk Pramusaji Restoran & Hotel

Kelas Offline

Teknik Pelayanan untuk Pramusaji Restoran & Hotel

Oleh: Edukasi Masa Depan

Pelatihan di Solo

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 45 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
  • Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pramusaji di restoran dan hotel tidak hanya menyajikan makanan dan minuman saja, namun lebih dari itu. Pramusaji di restoran dan hotel harus dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan mulai dari menyambut tamu, menghidangkan makanan, menangani keluhan pelanggan, hingga menjalankan prosedur keamanan pangan (Food safety) secara maksimal.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mempelajari secara lengkap kompetensi sebagai pramusaji, sbb :

1.Menyediakan layanan makanan dan minuman

2.Urutan tahapan pelayanan

3.Komunikasi efektif kepada pelanggan dan rekan kerja

4.Penanganan keluhan pelanggan

5.Menjalankan prosedur keamanan pangan Sehingga, setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan lebih siap bekerja sebagai pramusaji di restoran dan hotel.

Pelatihan ini akan dilaksanakan secara tatap muka / luring selama 2 hari


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan dapat menguasai teknik melayani pelanggan sebagai pramusaji di restoran dan hotel dimulai dari pelanggan datang hingga meninggalkan area restoran atau hotel secara maksimal, mampu mengimplementasikan pentingnya keamanan pangan (Food Safety) di lingkungan kerja, serta  memperoleh hasil pencapaian minimal 70% saat melakukan sesi unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

  • Peserta mampu mengimplementasikan standar pelayanan yang baik dari table service, self service & counter service

  • Peserta mampu menggunakan dan menata alat makan dan mampu melakukan persiapan pelayanan sebelum pelanggan datang ke restoran

  • Peserta mampu mempraktikkan teknik dalam menyajikan makanan dan minuman

  • Peserta mampu menerapkan penampilan yang baik (grooming) pada saat bekerja, dan menjaga kerjasama tim

  • Peserta mampu menerapkan urutan pelayanan dan menangani keluhan pelanggan

  • Peserta mampu mengimplementasikan pentingnya food safety di lingkungan kerja


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Jenis pelayanan di restoran
- Jenis dan fungsi  peralatan restoran
- Persiapan pelayanan
- Teknik penyajian makanan dan minuman
- Kepercayaan diri
- Urutan pelayanan
- Keamanan pangan



Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Mempraktikkan standar pelayanan dengan baik
- Mempraktikkan teknik  menggunakan peralatan di restoran secara baik
- Mempraktikkan langkah mempersiapkan area kerja dengan baik
- Mempraktikkan teknik dalam menyajikan makanan dan minuman
- Mempraktikkan standar penampilan diri yang baik pada saat melakukan pekerjaan
- Mempraktikkan urutan pelayanan dan penanganan keluhan pelanggan secara baik dan benar
- Melaksanakan prinsip/ praktik food safety di lingkungan pekerjaan



Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Patuh terhadap standar pelayanan restoran yang baik
- Teliti dan hati-hati dalam menggunakan peralatan 
- Patuh terhadap aturan persiapan area pelayanan
- Teliti dan hati-hati dalam mempraktikkan langkah-langkah cara menyajikan makanan dan minuman dengan baik
- Sadar terhadap penampilan atau performa  diri
- Patuh terhadap urutan pelayanan
- Tanggap terhadap hal yang mengancam keamanan pangan 



Kelompok Sasaran
1. Umur minimal 18 dan maksimal 45 tahun
2. Pendidikan terakhir adalah SMP


Syarat dan ketentuan lainnya
- Sehat jasmani dan rohani
- Tidak dibutuhkan pengalaman khusus
- ertarik dengan ilmu pelayanan kepada pelanggan khususnya posisi pramusaji. InformasiTambahan:
- Perlengkapan dan fasilitas disediakan oleh Edukasi Masa Depan


Durasi Per Sesi
Sesi 1 :
Pengenalan Mengenai Pelayanan (Service) di Restoran & Sistem Pelayanan Restoran : 150 menit
Pengenalan Jenis dan Fungsi  Peralatan Restoran & Persiapan Pelayanan : 160 menit
Teknik Penyajian Makanan dan Minuman : 90 menit
Kepribadian : 70 menit
Sesi 2 :
Pelayanan (Hospitality) : 100 menit
Basic Food Safety Part : 170 menit
Peserta melakukan Unjuk Keterampilan : 160 menit



Total Durasi
930 Menit


Kapasitas Peserta
30


Metode Pembelajaran
Luring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, masing - masing kelompok diminta untuk melakukan roleplay / memerankan peran sebagai pramusaji secara bergantian, dengan melakukan teknik melayani pelanggan secara baik dan benar dimulai dari pelanggan datang hingga meninggalkan area restoran atau hotel


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar
Slamet Supriyanto
Berpengalaman sebagai pramusaji selama 6 tahun di hotel berbintang dan restoran ternama di indonesia, Berpengalaman sebagai trainer hospitality khusus pelayanan kepada pelanggan selama 3 tahun bidang Housekeeping, Front office, receptionist dan hard skills


Cara Redem Kode Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Di website Masadepan (https://masadepan.com/),login dengan username dan password anda, apabila belum mempunyai akun, silahkan sign up terlebih dahulu
3. klik menu pelatihan pada menu bar “Prosedur Pertolongan Pertama Menangani Cedera Kecelakaan” pilih pelatihan ingin dibeli, kemudian isi detail checkout dengan lengkap
4. Masukan kode voucher pada kolom yang tersedia
5. Pastikan kode voucher sudah “berhasil”
6. Klik menu pre-test untuk mengikuti pelatihan


Kontak Lembaga Pelatihan
021-758 700 22
0813 8002 0113

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Mulai dari

Rp2.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved