Kelas Offline
Teknik Pelayanan untuk Pramusaji Restoran & Hotel Kota Solo
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
- Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda : Luring
Okupasi Pelatihan : Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020 / Shopkeepers
Gambaran Umum:
Pelatihan """"Teknik Pelayanan untuk Pramusaji Restoran & Hotel"""" dirancang bertujuan untuk menguasai teknik melayani pelanggan sebagai pramusaji di restoran dan hotel dimulai dari pelanggan datang hingga meninggalkan area restoran atau hotel secara maksimal, serta mampu mengimplementasikan pentingnya keamanan pangan (Food Safety) di lingkungan kerja
Kompetensi yang Dilatih:
Peserta akan dilatih untuk menerapkan urutan tahapan pelayanan, Menyediakan layanan makanan dan minuman, berkomunikasi secara efektif, menjalankan prosedur keamanan pangan (Food Safety) hingga menangani keluhan pelanggan secara efektif
Urutan Pembelajaran :
Hari 1 :
1. Pengenalan Mengenai Pelayanan (Service) di Restoran & Sistem Pelayanan Restoran: 150 menit
2. Pengenalan Jenis dan Fungsi Peralatan Restoran & Persiapan Pelayanan: 160 menit
3. Teknik Penyajian Makanan dan Minuman: 90 menit
4. Kepribadian: 70 menit
Hari 2 :
1. Pelayanan (Hospitality): 100 menit
2 .Basic Food Safety Part: 170 menit
Pelatihan akan dilaksanakan secara tatap muka / Luring selama 2 hari
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan dapat menguasai teknik melayani pelanggan sebagai pramusaji di restoran dan hotel dimulai dari pelanggan datang hingga meninggalkan area restoran atau hotel secara maksimal, mampu mengimplementasikan pentingnya keamanan pangan (Food Safety) di lingkungan kerja, serta memperoleh hasil pencapaian minimal 70% saat melakukan sesi unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu mengimplementasikan standar pelayanan yang baik dari table service, self service & counter service
Peserta mampu menggunakan dan menata alat makan dan mampu melakukan persiapan pelayanan sebelum pelanggan datang ke restoran
Peserta mampu mempraktikkan teknik dalam menyajikan makanan dan minuman
Peserta mampu menerapkan penampilan yang baik (grooming) pada saat bekerja, dan menjaga kerjasama tim
Peserta mampu menerapkan urutan pelayanan dan menangani keluhan pelanggan
Peserta mampu mengimplementasikan pentingnya food safety di lingkungan kerja
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- Jenis pelayanan di restoran
- Jenis dan fungsi peralatan restoran
- Persiapan pelayanan
- Teknik penyajian makanan dan minuman
- Kepercayaan diri
- Urutan pelayanan
- Keamanan pangan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Mempraktikkan standar pelayanan dengan baik
- Mempraktikkan teknik menggunakan peralatan di restoran secara baik
- Mempraktikkan langkah mempersiapkan area kerja dengan baik
- Mempraktikkan teknik dalam menyajikan makanan dan minuman
- Mempraktikkan standar penampilan diri yang baik pada saat melakukan pekerjaan
- Mempraktikkan urutan pelayanan dan penanganan keluhan pelanggan secara baik dan benar
- Melaksanakan prinsip/ praktik food safety di lingkungan pekerjaan
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
- Patuh terhadap standar pelayanan restoran yang baik
- Teliti dan hati-hati dalam menggunakan peralatan
- Patuh terhadap aturan persiapan area pelayanan
- Teliti dan hati-hati dalam mempraktikkan langkah-langkah cara menyajikan makanan dan minuman dengan baik
- Sadar terhadap penampilan atau performa diri
- Patuh terhadap urutan pelayanan
- Tanggap terhadap hal yang mengancam keamanan pangan
Kelompok Sasaran
1. Umur minimal 18 dan maksimal 45 tahun
2. Pendidikan terakhir adalah SMP
Syarat dan ketentuan lainnya
- Sehat jasmani dan rohani
- Tidak dibutuhkan pengalaman khusus
- Tertarik dengan ilmu pelayanan kepada pelanggan khususnya posisi pramusaji. InformasiTambahan:
- Perlengkapan dan fasilitas disediakan oleh Edukasi Masa Depan
Total Durasi
930 Menit
Kapasitas Peserta
30
Metode Pembelajaran
Luring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, masing - masing kelompok diminta untuk melakukan roleplay / memerankan peran sebagai pramusaji secara bergantian, dengan melakukan teknik melayani pelanggan secara baik dan benar dimulai dari pelanggan datang hingga meninggalkan area restoran atau hotel
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Slamet Supriyanto
Berpengalaman sebagai pramusaji selama 6 tahun di hotel berbintang dan restoran ternama di indonesia, Berpengalaman sebagai trainer hospitality khusus pelayanan kepada pelanggan selama 3 tahun bidang Housekeeping, Front office, receptionist dan hard skills
Cara Redem Kode Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Di website Masadepan (https://masadepan.com/),login dengan username dan password anda, apabila belum mempunyai akun, silahkan sign up terlebih dahulu
3. klik menu pelatihan pada menu bar “Prosedur Pertolongan Pertama Menangani Cedera Kecelakaan” pilih pelatihan ingin dibeli, kemudian isi detail checkout dengan lengkap
4. Masukan kode voucher pada kolom yang tersedia
5. Pastikan kode voucher sudah “berhasil”
6. Klik menu pre-test untuk mengikuti pelatihan
Kontak Lembaga Pelatihan
021-758 700 22
0813 8002 0113
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Mulai dari
Rp2.500.000