Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Teknik Penanganan dan Pengiriman Barang untuk Kurir Paket

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Teknik Penanganan dan Pengiriman Barang untuk Kurir Paket

Oleh: Skill Academy

logo-prakerja

Pelatihan di Skill Academy

0

4.8(139)
590 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pekerjaan kurir dalam pengantaran paket telah menjadi bagian penting dalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang secara efisien. Dengan kebutuhan yang terus meningkat, pekerjaan ini menjadi salah satu yang banyak dicari oleh perusahaan ekspedisi. Kurir harus mampu menerapkan cara penanganan dan pengiriman paket barang dengan pelayanan pelanggan yang maksimal. Namun, masih banyak kurir yang perlu meningkatkan kompetensi mereka untuk memenuhi standar industri.

Kelas ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis yang diperlukan untuk menjadi kurir profesional, dengan fokus pada penerapan teknik penanganan dan pengiriman paket. Peserta juga akan belajar cara membuat CV untuk kurir, identifikasi resi paket hingga proses pengiriman, penanganan masalah saat pengiriman paket COD, penataan barang yang tepat, serta komunikasi efektif sebagai kurir paket.

Seluruh materi akan disampaikan melalui 5 sesi pembelajaran mandiri yang terdiri dari video pembelajaran dan bahan bacaan. Pemahaman peserta terkait materi juga akan diuji melalui rangkaian tes, kuis, tugas praktik mandiri, dan unjuk keterampilan.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta (A) mampu menerapkan cara penanganan dan pengiriman paket barang (B) dengan menunjukkan minimal 70 persen (D) penguasaan materi lewat unjuk keterampilan (C).


Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu mengaplikasikan peran kurir dalam industri ekspedisi
2. Peserta mampu memeriksa resi paket hingga proses pengiriman
3. Peserta mampu melaksanakan teknik pengiriman paket COD
4. Peserta mampu melaksanakan antaran
5. Peserta mampu melaksanakan teknik komunikasi yang efektif sebagai kurir



Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pekerjaan Kurir di Indonesia
Struktur Organisasi dalam Layanan Pengantaran Paket
Persyaratan dan Proses Perekrutan Kurir
Tugas Inti Kurir: Pengiriman, Resi, dan Stiker Paket
Berbagai Jenis Kiriman dan Pengemasan Paket


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Membuat langkah prosedur membuat resi hingga mengirim paket berdasarkan situasi tertentu.
Membuat uraian prosedur yang tepat dalam penanggulangan kecelakaan kerja dalam penanganan dan pemuatan barang dalam situasi tertentu
Mengerjakan proses penanganan dan pengiriman paket barang
Mengorganisasi jenis barang berbahaya dalam proses pengiriman paket
Merancang diskon pengiriman barang


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Teliti dalam manajemen pengiriman barang
Bertanggung Jawab dalam menjalankan peran dan tugas kurir
Berkomitmen pada waktu dalam bekerja
Empati dalam pelayanan pelanggan


Kelompok Sasaran
1. Minimal pendidikan SMP sederajat
2. Masyarakat dengan rentang usia 18-64 tahun 
3. Individu yang ingin berkarier sebagai kurir/pengirim paket
4. Pada PC terinstal aplikasi pengolah kata seperti WPS, Microsoft Office
5. Memiliki gawai (PC/laptop) dengan koneksi internet yang stabil


Durasi Per Sesi
Sesi 1: Pengenalan Kurir dan Industri Ekspedisi : 117 menit
Sesi 2: Pengetahuan Dasar Kurir : 113 menit
Sesi 3: Standar Operasional Prosedur (SOP) Kurir : 116 menit
Sesi 4: Penanganan dan Pemuatan Barang : 94 menit
Sesi 5: Peningkatan Karir & Cara Komunikasi : 120 menit



Total Durasi
560 menit


Kapasitas Peserta
10000 Peserta


Metode Pembelajaran
Self Place Learning


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan


Unjuk Keterampilan
Peserta diberikan instruksi unjuk keterampilan. Peserta dapat menangani paket pengiriman barang dengan tepat. Kumpulkan tugas melalui aplikasi atau Learning Management System (LMS). Tugas dikumpulkan paling lambat 7 x 24 jam setelah instruksi diakses oleh peserta di LMS.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.


Profil Pengajar
Octavianus Kevin merupakan seseorang yang memiliki pengalaman lebih dari enam tahun di industri ekspedisi. Lulusan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara ini juga menguasai kemampuan di bidang Business Process, Project Management, System Integration, dan SAP ERP. Saat ini, ia berkarier sebagai seorang Co-founder - Head of Operations.


Cara Redeem Voucher
Langkah Redeem Kode Voucher

1. Pastikan kamu mengakses mitra yang sesuai dengan pembelian kelas Skill Academy

2. Lihat detail transaksi pembelian kelas dan salin Kode Voucher (contoh: PRATP1234395)

3. Kembali ke halaman “Tukar Kode Voucher” pada aplikasi Skill Academy, lalu tempelkan kode. Selanjutnya peserta akan dibawa ke halaman Tukar Kode Redeem


Panduan Redem Code Redem
- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Skill Academy


Kontak Lembaga Pelatihan
081311400171

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(139 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.000.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved