Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Teknik Promosi Produk di Marketplace untuk Pedagang Online

Webinar

Teknik Promosi Produk di Marketplace untuk Pedagang Online

Oleh: CourseNet -

Pelatihan di CourseNet -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 55 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Webinar.

Okupasi Pelatihan

Advertising and marketing professionals

Rujukan Okupasi

Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020

Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan mengenai berbagai strategi dan teknik promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan visibilitas produk di berbagai toko online. Juga mempelajari berbagai macam teknik promosi produk secara digital.

Kompetensi yang Dilatih

Peserta pelatihan mampu membedakan strategi berjualan di berbagai toko online dan bagaimana melakukan promosi yang tepat agar produknya terjual laris. Hal ini penting karena setiap toko online dan produk memiliki teknik yang berbeda-beda untuk memasarkannya, baik itu melalui promosi organik maupun berbayar. Selain itu peserta juga akan belajar mengenai bagaimana memproduksi konten promosi yang baik.

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Pengenalan dasar-dasar berjualan di marketplace online

Sesi 2: Listing product

Sesi 3: Pemasaran digital

Sesi 4: Mengelola Operasional dan Logistik

Sesi 5: Ekspansi penjualan


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu memperoleh pengetahuan komprehensif dan meningkatkan keterampilan dalam aspek penjualan online, strategi listing produk, pemasaran digital, manajemen operasi dan logistik, serta pengembangan bisnis, dengan minimum scoring penilaian 60  pada penguasaan materi dalam menerapkan konsep-konsep strategi bisnis nyata dan mencapai peningkatan performa yang terukur, pada saat pengumpulan tugas unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Mampu memahami berbagai platform marketplace, termasuk kelebihan dan kekurangannya, serta memahami prinsip dasar penjualan online yang efektif.

2. Mampu menggunakan teknik untuk membuat listing produk yang menarik dan efektif, termasuk penulisan nama dan deskripsi produk yang mengundang minat dan SEO-friendly, serta pemilihan dan penyajian foto produk

3. Mampu menerapkan cara-cara untuk memanfaatkan pemasaran digital di marketplace, termasuk penggunaan SEO, media sosial, iklan berbayar, dan strategi promosi digital untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan.

4. Mampu mengelola operasi bisnis dan logistik secara efisien, termasuk manajemen inventori, proses pengiriman dan pengemasan, serta penanganan layanan pelanggan dan ulasan

5. Mampu menganalisis tren dan peluang pasar untuk meningkatkan penjualan, serta strategi ekspansi dan diversifikasi produk untuk meningkatkan skalabilitas dan pertumbuhan bisnis jangka panjang


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pengenalan Marketplace dan Dasar-Dasar Penjualan Online

Strategi Listing Produk yang Efektif

Pemasaran Digital untuk Marketplace

Pengelolaan Operasi dan Logistik

Strategi Meningkatkan Penjualan dan Skalabilitas Bisnis


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Kemampuan membuat variasi dalam penggunaan platform marketplace, dashboard dan fitur-fiturnya.

Keterampilan dalam merancang listing produk yang menarik, termasuk penulisan deskripsi dan pemilihan foto

Kemampuan dalam merancang teknik pemasaran digital, termasuk SEO, media sosial, dan iklan berbayar

Keterampilan dalam mengorganisasi ulang inventori, skenario pengiriman, dan menyusun penanganan logistik

Mampu menghasilkan suatu rancangan baru (original)  dalam strategi ekspansi berdasarkan analisa data pasar, serta diversifikasi produk.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Membandingkan dengan cermat berbagai macam platform baru dan beradaptasi dengan tren pasar online.

Mempengaruhi orang lain dengan menciptakan ide yang kreatif serta teliti dalam menyajikan informasi produk.

Menunjukkan Inisiatif dan kreatif dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran.

Memverifikasi dengan konsisten mengenai pentingnya efisiensi operasiona

Mengusulkan strategi bisnis  yang kreatif dan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar.


Kelompok Sasaran
- Usia minimum 18 tahun

- Usia maksimum 55 tahun

1. Peserta memiliki PC atau laptop
2. Peserta memiliki mobile phone yang terkoneksi dengan internet


Durasi Per Sesi

1. 19.00 - 22.00. Pengenalan Marketplace dan Dasar-Dasar Penjualan Online : 180 menit

2. 19.00 - 22.00. Strategi Listing Produk yang Efektif  :180 menit

3. 19.00 - 22.00. Pemasaran Digital untuk Marketplace  :180 menit

4. 19.00 - 22.00. Mengelola Operasional dan Logistik : 180 menit

5. 19.00 - 22.00. Strategi Meningkatkan Penjualan dan Skalabilitas Bisnis : 180 menit


Total Durasi
900 menit


Kapasitas Peserta
50


Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta membuat pemecahan studi kasus strategi pemasaran pada transformasi digital UMKM Butik Bella dengan detail tugas mencakup analisis SWOT, strategi listing produk, rencana pemasaran digital, manajemen operasional, dan strategi skalabilitas bisnis.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

04-03-2024 s.d. 08-03-2024,
18-03-2024 s.d. 22-03-2024,
25-03-2024 s.d 29-03-2024,
01-04-2024 s.d 05-04/2024,
22-04-2024 s.d. 26-04-2024,
29-04-2024 s.d. 03-05-2024,
13-05-2024 s.d. 17-05-2024,
27-05-2024 s.d 31-05-2024


Profil Pengajar

Muhamad Sahal Mahfud adalah seorang profesional di bidang konten dan penulis, aktif di pemasaran produk pada marketplace, spesialis promosi digital, dengan latar belakang pendidikan sebagai sarjana manajemen dan berpengalaman dalam produksi konten marketing.


Panduan Redeem Voucher
1. Mengakses link LMS pada: https://coaching.course-net.com/login/
2. Lakukan Register terlebih dahulu jika belum memiliki Akun. Jika sudah  memiliki Akun, lakukan Login pada halaman Login
3. Lakukan Redeem Voucher pada Menu Home
4. Masuk ke menu My Course
5. Cari Course yang baru saja di redeem, klik tombol View Detail
6. Peserta wajib join group Telegram sebelum mengikuti sesi Webinar dengan mengklik tautan pada sub menu Telegram
7. Peserta wajib mengisi Pre-Test sebelum mengikuti sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, klik tombol Pre Test
8. Semua jadwal sesi Webinar terdapat pada menu My Course, sub menu Webinar
9. Peserta wajib mengerjakan Quiz setiap selesai mengikuti sesi Webinar, dengan memilih sub menu Course Lesson, kemudian pilih Quiz
10. Peserta wajib mengisi Post-Test setelah menyelesaikan 1 batch sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, kemudian klik tombol Post Test
11. Peserta wajib mengerjakan Unjuk Keterampilan setelah mengikuti sesi Webinar dengan cara :
12. Klik sub menu Project Case
13. Klik View Assignment
14. Klik sub menu Upload Assignment
15. Klik pada bagian “Upload your answer here! “ untuk melakukan upload dokumen Unjuk Keterampilan
16. Klik tombol Submit
17. Peserta dapat mengunduh Certificate setelah Nilai Unjuk Keterampilan keluar, dengan meng pada menu My Course, sub menu Certificate


Kontak Lembaga Pelatihan
Customer Service: 0812-8114-0833


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.450.000