Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Usaha Warung Kreatif & Layanan Digital

Webinar

Usaha Warung Kreatif & Layanan Digital

Oleh: The Bencoolen Coffee

Pelatihan di The Bencoolen Coffee

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 65 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Usaha Warung Kreatif & Layanan Digital,  Pelatihan usaha mikro naik kelas go digital dapat meningkatkan “daya saing” UMKM di era Revolusi Industri 4.0. Pelatihan ini yang memberikan seputar pengetahuaan Pemanfaatan teknologi, Pengembangan kreativitas & inovasi, literasi digital, produktivitas, branding &  pemasaran dengan memanfaatkan sosial media dan marketplace,  pengelolaan keuangan digital serta standarisasi kesehatan & keselamatan kerja.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu membangun usaha warung kreatif dan layanan digital dengan menjual berbagai macam produk, penyedia layanan digital, kemitraan, edukasi dan jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar dengan minimal menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri.


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:

1. Memahami Pengelolaan dan Manajemen Usaha mikro, meliputi: potensi usaha mikro indonesia, Pengertianm, Jenis-Jenis, Karakteristik, Pengelolaan dan Peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi indonesia serta digitalisasi UMKM di era new normal dan UMKM go digital.

2. Memahami Layanan Teknologi Digital, meliputi : pengertian digitalisasi, peta ekonomi dunia jaman now, implementasi digitalisasi, teknologi perangkat komputer, teknologi internet, jenis-jenis e-commerce, comsumer to consumer (C2C), Peer to Peer (P2P), M-Commerce.

3. Memahami pengelolaan warung kreatif, meliputi : pengertian warung kreatif, kriteria membangun warung kreatif, keuntungan mendirikan warung kreatif, unsur penting dan layanan usaha dalam warung kreatif, jenis usaha yang dapat dikembangkan menjadi warung kreatif serta model warung kreatif

4. Memahami manajemen usaha kedai kopi, meliputi : pengertian warung kreatif, jenis manajemen produksi, komponen penting usaha warung kreatif, penyimpanan bahan baku, menentukan target konsumen, pemilihan lokasi yang ideal serta kebutuhan barang & peralatan untuk warung kreatif.

5. Memahami contoh warung kreatif & usaha minuman kekinian , meliputi : jus buah segar, thaitea & green thai tea serta iced chocolate

6. Memahami pengelolaan produk digital , meliputi : pengertian layanan digital, oengembangan usaha UMKM melalui warung kreatif, tahapan dalam membangun ekonomi desa melalui pemberdayaan warung kreatif, pemahaman dan jenis layanan digital, peralatan penunjang layanan digital, standarisasi operasional pemanfaatan layanan digital serta potensi keuntungan layanan digital.

7. Memahami pengelolaan layanan digital, meliputi : pengertian usaha produk digital, layanan kreatif , talent management, pelatihan digital, portal berita online, produk UMKM & kuliner, portal lowongan kerja, web marketplace serta web travel desa

8. Memahami potensi keagenan digital, meliputi : pengertian keagenan digital, keagenan digital, tujuan adanya agen digital, peluang keagenan digital, keagenan digital warung kreatif serta potensi pendapatan layanan digital

9. Merancang strategi promosi usaha kreatif, meliputi : pengertian promosi, unsur-unsur promosi, strategi promosi, kegiatan strategi promosi, berbagai strategi promosi yang bisa diterapkan, manfaat digital marketing untuk promosi, strategi digital marketing serta tips & trik copywriting promosi

10. Merancang strategi pemasaran onilne, meliputi : content marketing, mobile marketing, continouous marketing, integrated digital marketing, visual marketing, personalized marketing, strategi digital marketing UMKM paling efektif serta sasaran kegiatan warung kreatif.

11. Memahami pengelolaan sosial media, meliputi : pengertian sosial media, jenis & macam media sosial serta manfaat media sosial

12. Memahami pemanfaatan marketplace, meliputi : pengenalan marketplace, manfaat berjualan di marketplace, perbedaan marketplace dengan online shop, jenis-jenis marketplace, keuntungan mengelola website toko online sendiri, mindset kesuksesan dengan marketplace, pentingnya marketplace dalam bisnis online, prinsip umum jualan online, daftar produkjualan online 2021 serta market analysis.

13. Memahami laporan keuangan , meliputi : pengertian laporan keuangan, fungsi pengelolaan keuangan, tujuan & proses pengelolaan keuangan serta bentuk laporan keuangan.

14. Mempraktekkan aplikasi pengelolaan keuangan, meliputi : aplikasi LAMIKRO, Buku Warung, Teman Bisnis, Buku Kas serta POST

15. Memahami dan mengimplementasikan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja, meliputi pengertian kesehatan dan keselamatan kerja, dasar hukum, sejarah keselamatan kerja, ruang lingkup, sasaran keselamatan kerja, keadaan darurat, pencegahan kecelakaan kerja, perlengkapan & peralatan keselamatan kerja, menangani situasi darurat, jenis-jenis bahaya di tempat kerja, standar presentasi personal, api & kebakaran, alat perlindungan diri, kesehatan kerja, penyakit akibat kerja, hygine & sanitasi makanan serta resiko hygine (kerusakan makanan)


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami usaha mikro

2. Memahami layanan teknologi digital

3. Memahami warung kreatif

4. Memahami produk digital


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Memanfaatkan peralatan dan layanan digital

2. Meningkatkan kemampuan digital

3. Menganalisis strategi promosi usaha kreatif

4. Menganalisis strategi pemasaran online (online marketing)

5. Menganalisis pengoptimalisasian sosial media

6. Menganalisis pengoptimalisasian marketplace

7. Menganalisis potensi keagenan digital


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Membangun usaha kedai kopi

2. Membangun warung kreatif & usaha minuman kekinian

3. Menerapkan layanan kreatif

4. Menerapkan laporan keuangan warung kreatif

5. Menerapkan aplikasi pengelolaan keuangan

6. Menerapkan  kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja

7. Memahami perilaku konsumen


Kelompok Sasaran

Usia minimum 18 tahun

Usia maksimum 65 tahun


Durasi Per Sesi

1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB 1/ 17.00 - 20.00 WIB 

Pelatihan Pengenalan Usaha Mikro

Pelatihan Layanan Teknologi Digital

Pelatihan Pengenalan Warung Kreatif

2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB 2/ 17.00 - 20.00 WIB

Pelatihan Usaha Kedai Kopi

Pelatihan Warung Kreatif & Usaha Minuman Kekinian

Pelatihan Produk Digital

3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB 3/ 17.00 - 20.00 WIB

Pelatihan Pengelolaan Layanan Kreatif

Pelatihan Potensi Keagenan Digital

Pelatihan Merencanakan Strategi Promosi Usaha Kreatif

4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB 4/ 17.00 - 20.00 WIB 

Pelatihan Merancang strategi pemasaran warung kreatif

Pelatihan Pengelolaan media sosial

Pelatihan pemanfaatan marketplace dalam memasarkan produk warung kreatif

5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB 5/ 17.00 - 20.00 WIB

Pelatihan Merancang sistem pelaporan keuangan

Pelatihan pemanfaatan layanan aplikasi dan pengelolaan pelaporan

Pelatihan merancang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

150 peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Quiz

3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Bagi peserta pelatihan dipersilahkan untuk merancang dan membuat skema usaha warung kreatif beserta pengimplementasian layanan digital yang akan dimanfaatkan
di warung kreatif dalam format word, pdf ataupun slide ppt. silahkan mengirimkan video dengan ukuran maksimal 10mb ke alamat email: cs.bencoolencoffee@gmail.com


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

1. 12-02-2023 s.d. 17-02-2023

2. 19-02-2023 s.d. 24-02-2023

3. 26-02-2023 s.d. 03-03-2023

4. 05-03-2023 s.d. 10-03-2023

5. 12-03-2023 s.d. 17-03-2023

6. 19-03-2023 s.d. 24-03-2023

7. 26-03-2023 s.d. 31-03-2023

8. 02-04-2023 s.d. 07-04-2023

9. 09-04-2023 s.d. 14-04-2023

10. 16-04-2023 s.d. 21-04-2023

11. 23-04-2023 s.d. 28-04-2023

12. 30-04-2023 s.d. 05-05-2023

13. 07-05-2023 s.d. 12-05-2023

14. 14-05-2023 s.d. 19-05-2023

15. 21-05-2023 s.d. 26-05-2023

16. 28-05-2023 s.d. 02-06-2023


Profil Pengajar

Natalia Tulungan

Sebagai seorang kepala cabang dan pemilik usaha warung kopi digital, memiliki penggalaman dalam membangun sebuah usaha dngan manajemen yang baik, terbiasa dan mampu dalam pembuatan sebuah rencana kegiatan maupun menentukan promosi  yang dapat meningkatkan penjualan. mempunyai jiwa pemimpin serta bertanggung jawab dalam segala aktivitas serta mampu berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana cara memulai membuka sebuah usaha.


Panduan Redeem Voucher

1. Setelah melakukan pembelian kelas peserta akan mendapatkan Redeem Code dan juga Kode Voucher.

2. Masuk pada website https://prakerja.cybersacademy.id/

3. Setelah Beranda website terbuka lakukan Pendaftaran dengan menekan tombol Daftar pada bagian kanan atas, isi lengkap kolom yang tersedia, lalu cheklis Saya setuju dengan ketentuan & persyaratan dan lanjut klik tombol Mendaftar pada bagian bawah form.

4. Atau anda bisa melakukan login langsung tanpa mendaftar menggunakan akun Google maupun akun Facebook pada halaman Login/Masuk

5. Setelah pendaftaran dan login berhasil Kembali ke halaman beranda dengan menekan logo Cybers Academy pada bagian atas website atau tombol beranda pada bagian menu. Lalu cari kelas dengan judul yang sesuai anda beli sebelumnya dengan cara mengisi kolom pencarian yang ada pada beranda website ataupun scroll halaman kebawah.

6. Setelah kelas ditemukan, cari tombol Masukan ke Keranjang. Jika Berhasil maka otomatis pada bagian kanan atas icon troli akan aktif.

7. Setelah masuk ke menu keranjang lakukan penukaran Kode Voucher pada bagian Kupon dan lanjut tekan tombol Mengesahkan untuk melakukan penukaran Kode Voucher.

8. Setelah Berhasil selanjutnya akan diarahkan ke halaman Profil/Panel buka menu Pelatihan > Pembelian Saya atau dapat langsung melalui link: https://prakerja.cybersacademy.id/panel/webinars/purchases pada bagian kelas akan ada kolom input untuk Redeem Code, masukan Redeem Code yang sudah didapat saat pembelian lalu tekan Masuk ke halaman belajar, bila Redeem Code valid dan penukaran sukses akan otomatis diarahkan pada halaman kelas berisi segment mengikuti webinar dan pengerjaan soal.


Kontak Lembaga Pelatihan

+62 896-3075-1495 CS bencoolen


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000